Hasil Riset Kecepatan Operator Seluler, Manakah Yang Tercepat?

Di tahun 2019 ini, salah satu perusahaan riset jaringan yakni Open Signal merilis hasil penelitian terbarunya berjudul “Laporan Pengalaman Jaringan Seluler Juli 2019” untuk wilayah Indonesia. Dalam penelitiannya tersebut, mereka menjabarkan kecepatan internet operator seluler Indonesia, yaitu ada Indosat Ooredoo, XL Axiata, Smartfren, Telkomsel, dan Hutchinson Tri (3).

Dalam risetnya tersebut, Telkomsel muncul sebagai penyedia internet operator seluler yang mencatat speed download dan upload tertinggi secara nasional berdasarkan hasil uji Open Signal. Bahkan kecepatan internet operator ini dalam melakukan unduh rata-rata berada di jaringan Telkomsel mencapai 9,8 Mbps.

Kemudian diikuti operator XL yang menduduki posisi kedua. Dengan kecepatan upload operator seluler XL tercatat sebesar 3,4 Mbps. Lalu Urutan ketiga, keempat, dan kelima masing-masing ditempati oleh internet operator seluler Tri (5,2 Mbps download/ 3,2 Mbps download), Indosat (4,8 Mbps download/ 2,5 Mbps upload), dan Smartfren (4,5 Mbps download/ 1,2 Mbps upload).

Riset ini dilakukan di 16 kota besar di Indonesia, yakni DKI Jakarta, Bekasi, Bogor, Depok, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Makassar, Medan, Palembang, Bandar Lampung, Pekanbaru, Semarang, Surabaya, Denpasar, dan Batam. Sesuai tertuang dalam keterangan Open Signal (3/7/2019), pengumpulan data tersebut telah melibatkan sebanyak 3,3 juta perangkat dalam periode waktu 1 Februari hingga 1 Mei 2019 untuk mengetahui kecepatan jaringan internet operator seluler Indonesia.

Telkomsel pun menjadi operator dengan capaian nilai tertinggi untuk empat dari lima parameter pengukuran yang diujikan, yaitu kecepatan download, kecepatan upload, latency, dan pengalaman video.

Perusahaan pelat merah itu hanya kalah dari jaringan internet operator seluler Smartfren dalam hal ketersediaan jaringan 4G. Hal ini karena Smartfren sejak 2017 memang sudah mematikan jaringan CDMA miliknya sehingga kini sepenuhnya hanya mengoperasikan jaringan 4G LTE.

Walaupun begitu, Open Signal mencatat bahwa kecepatan unggah jaringan internet operator seluler Telkomsel mengalami penurunan sebesar 1 Mbps dalam waktu 6 bulan terakhir. Sementara upload speed Indosat, Smartfren, dan XL mencatat kenaikan minimal 0,5 Mbps dalam periode waktu yang sama.

Dalam jangka waktu tersebut, kecepatan unduh Smartfren tercatat turun sebesar 1,8 Mbps. Padahal, sebelumnya operator ini sempat menjuarai uji download di laporan Open Signal untuk Juni 2018.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

On Key

Related Posts