BerandaInformasiBisnisKetika Millennial dan Gen Z Mendominasi Investasi Saham

Ketika Millennial dan Gen Z Mendominasi Investasi Saham

Kinerja pasar modal Indonesia menunjukkan tren positif di tengah masih berlangsungnya pandemi COVID-19. Kondisi ini juga dibarengi meningkatnya jumlah investor di bursa saham.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Hoesen mengatakan, terjadi peningkatan yang cukup signifikan dari jumlah investor. Di mana hingga 30 Juli 2021 jumlah single investor identification (SID) mencapai 5,8 juta orang.

Menurut Hoesen, pertumbuhan jumlah investor ini paling banyak terjadi di sepanjang bulan Juli 2021. Di samping itu, bila melihat investor yang masuk pasar modal, kalangan milenial dan generasi Z mulai mendominasi.

Selama masa pandemi, lanjut Hoesen, peningkatan jumlah investor di bawah usia 30 tahun mencapai lebih dari 58 persen dari total keseluruhan pemain saham.

“Kaidah sederhananya saat pasar masih melihat perkembangan pemulihan akibat pandemi, tentu banyak yang bahkan bersifat wait and see untuk memutuskan dalam berinvestasi. Namun yang terjadi justru sebaliknya, masyarakat kita berbondong-bondong terjun berinvestasi di pasar modal,” jelas Hoesen.

Hoesen berpesan kepada investor generasi milenial agar selalu memiliki pemikiran bahwa yang terpenting bukan hanya pengetahuan teknis atau jago di dalam melakukan analisa.”Namun, yang juga tidak kalah penting adalah memiliki guidance dalam mengambil keputusan untuk berinvestasi. Dalam berinvestasi, hindari spekulasi atau jangan berspekulasi,” kata Hoesen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read