Tips Agar Selau Hemat Ala Mahasiswa

Menjadi mahasiswa pasti kita pernah berada di posisi beratnya masa-masa kuliah, hanya memiliki uang terbatas dan dipotong untuk kebutuhan sehari-hari.

Sebagai mahasiswa tentunya kewajiban kita adalah kuliah dan belajar, dimana kita tidak bisa bekerja jika waktu kita terbatas. Satu-satunya sumber pendapatan adalah melalui orang tua yang setiap bulan mengirimkan uang kepada kita.

Lalu bagaimana caranya kita dapat berhemat dengan sumber pendapatan yang terbatas tersebut ya sobat? Navipos merangkum beberapa tips hemat ala mahasiswa, yuk simak dibawah ini!

1. Catat jumlah pengeluaranmu sejak awal.

Sebelum kamu menentukan keuanganmu sudah cukup atau belum, alangkah baiknya pantau pengeluaranmu tiap harinya. Di zaman serba canggih ini kamu tak perlu repot mencatat, karena sekarang banyak aplikasi pencatat keuangan.

Dengan menggunakan aplikasi pencatat keuangan, kamu bisa memantau kemana saja uang jajanmu terpakai setiap bulannya.

2. Belanja sesuai kebutuhan

Seringkali lapar mata saat berbelanja menjadi alasan utama pengeluaran yang bengkak. Untuk menghindarinya, usahakan untuk mendata berbagai jenis kebutuhan selama sebulan sebelum kamu beli ke supermarket.

Dengan memiliki daftar belanjaan, kamu akan terfokus pada barang-barang yang sangat kamu butuhkan saja.

3. Jaga kesehatan

Bagi mahasiswa, khususnya yang merasakan nge-kost, sakit adalah satu malapetaka. Selain tidak ada yang bisa merawat dan mengurus saat sedang sakit, tugas-tugas kuliah pun menjadi terbengkalai.

Belum lagi, apabila harus ke dokter, ada biaya dokter dan pengobatan yang tentunya tidak sedikit. Pengeluaran selama sakit ini bisa membengkak dengan sangat cepat apabila kita sebagai mahasiswa tidak hati-hati.

Pengeluaran selama sakit ini bisa membengkak dengan sangat cepat apabila kita sebagai mahasiswa tidak hati-hati.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

On Key

Related Posts

Menkes Budi Gunadi akan Datangkan 200 Vial Obat Fomepizole

Kemenkes Siapkan 200 Vial Obat Fomepizole

Pemerintah berencana akan mendatangkan 200 vial obat Fomepizole atau penawar racun yang nantinya akan diberikan kepada pasien gangguan ginjal akut misterius. Hal itu disampaikan langsung