Yuk Nostalgia Kuliner Khas Jakarta di Lebaran Betawi

Jika umat Islam memiliki hari raya lebaran, Orang Jakarta tak mau kalah karena mereka juga punya momen lebaran, yaitu Lebaran Betawi. Sejak 2008, acara ini sudah diselenggarakan tiap tahunnya. Tujuannya adalah agar sesama warga Jakarta tetap menjaga tali silaturahmi pasca Idulfitri.

Untuk tahun ini, Lebaran Betawi diadakan di Monumen Nasional (Monas) tepatnya di lapangan Silang Monas Barat Daya. Dalam Lebaran Betawi ini selain kamu bisa menikmati sajian acara bernuansa Betawi, kamu bisa berkunjung ke bazar yang terletak di depan Lenggang Jakarta.

Tidak boleh dilewatkan juga ialah wisata kuliner khas Jakarta. Namun, perlu kejelian untuk menyisir bazar sehingga kamu menemukan kuliner ?lawas?. Berikut beberapa makanan khas Betawi yang kamu bisa temukan di acara Lebaran Betawi ini.

Bir Pletok

Salah satu minuman unik, sebab satu-satunya bir yang menyehatkan tanpa efek samping. Meski menggunakan embel-embel ?bir?, bir pletok sama sekali tak mengandung alkohol. Bir pletok cukup baik untuk kesehatan, karena terbuat dari rempah-rempah yang pastinya dapat menghangatkan tubuh.

Es Goyang

Saat ini kita sudah sulit sekali menemukan jajanan satu ini, kecuali pada acara-acara besar seperti Lebaran Betawi ini misalnya. Bentuknya yang kotak dan dicelupkan ke dalam cokelat cair sungguh menghasilkan cita rasa yang unik, sebab cairan cokelat turut mengeras dan menempel pada tubuh es sehingga menimbulkan corak tersendiri.

Dodol Betawi

Sensasi manis, empuk, ditambah sedikit kenyal timbul saat menggigit dodol Betawi. Khusus di acara Lebaran Betawi ini, lapak dodol Betawi Bang Hasan cukup menarik perhatian. Sebab pengunjung bisa ikut merasakan sensasi mengaduk dodol dengan pengaduk dari kayu bertongkat panjang.

Nah, itu adalah beberapa makanan yang bisa kamu temukan dalam acara Lebaran Betawi. Namun kamu bisa menemukan lebih banyak lagi dengan datang langsung ke Monas. Karena acara ini akan berakhir pada (21/7) hari ini.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

On Key

Related Posts

Menkes Budi Gunadi akan Datangkan 200 Vial Obat Fomepizole

Kemenkes Siapkan 200 Vial Obat Fomepizole

Pemerintah berencana akan mendatangkan 200 vial obat Fomepizole atau penawar racun yang nantinya akan diberikan kepada pasien gangguan ginjal akut misterius. Hal itu disampaikan langsung