Percaya diri adalah mengakui atau meyakini kemampuan, kelebihan, atau potensi yang dimiliki diri. Dengan percaya diri, seseorang dapat terus bertumbuh dan berkembang serta berproses menjadi seseorang yang lebih baik lagi.

Untuk membangun rasa percaya diri ini bisa dikatakan seseorang tidak mendapatkannya begitu saja dengan mudah. Seseorang perlu belajar dan berlatih dengan baik dan tekun.

Namun, adakalanya dalam proses membangun rasa kepercayaan terhadap diri sendiri itu sering terjadi crisis atau biasa disebut krisis kepercayaan diri (crisis of confidence). Kondisi ini dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya dari lingkup pertemanan, rekan kerja, atau bahkan keluarga. Faktor lainnya bisa jadi karena seseorang terabaikan, selalu membandingkan diri dengan orang lain, atau juga karena kekerasan.

Adapun krisis kepercayaan diri ini jika tidak segera diatasi akan berdampak buruk bagi kesehatan mental orang yang memilikinya, seperti perasaan minder, memandang orang dengan sebelah mata, mencari-cari kesalahan orang lain, dan lain sebagainya.

Nah, untuk mengatasinya ada 5 tips yang harus kamu lakukan agar terhindar dari krisis kepercayaan diri.

  1. Look at yourself! Lihatlah ke dalam dirimu. Kenalilah dirimu dengan lebih baik lagi. Karena setiap orang terlahir “spesial”. Dan menjadi tugas setiap orang -yang ingin berubah menjadi lebih baik- menemukan dimana letak “spesial” dirinya.
  2. Sadari, bahwa sejatinya hidup ini adalah rangkaian proses. Dan proses setiap orang berbeda-beda. Fokuslah pada prosesmu bukan pada hasilnya. Sehingga jika suatu waktu kegagalan itu menyapamu, kamu tidak akan pernah benar-benar kecewa.
  3. Berdamailah dengan dirimu atas semua kesedihan, kekecewaan, rasa sakit, dan semua kepedihan yang kamu rasakan. Rengkuhlah semuanya. Berdamailah. Karena sekuat apapun kamu melawan, itu tetaplah menjadi bagian dari kisahmu.
  4. It’s all about your life and yourself. Tidak ada yang berhak menentukan siapa kamu dan bagaimana seharusnya hidupmu. Karena tentang hidupmu hanya kamu yang tahu. Kritik dan saran dari orang lain itu seharusnya bertujuan untuk “membangun”. Jika itu justru menjatuhkanmu, maka sebaiknya cepat-cepat kamu menghindarinya.
  5. Love yourself more and more. Karena dirimu berhak dicintai dengan layak. Karena mencintai diri sendiri berarti menerima segala kekurangan yang ada dalam diri. Mencintai diri sendiri adalah sebuah bentuk kejujuran untuk membantu diri kita berdamai dengan kenyataan. Sehingga pada akhirnya, kamu mampu menghadapi semua rasa takut yang selama ini mengungkungmu dan melampaui segala batasanmu.

Bagaimana? Apakah kepercayaan dirimu sudah kembali lagi sekarang?

Semoga 5 tips di atas dapat membantu kamu membuang jauh-jauh krisis kepercayaan diri yang seringkali menghampirimu.

https://www.freepik.com/premium-photo/portrait-handsome-serious-man-coat-outdoors-autumn_4870559.htm#page=1&query=Crisis%20of%20confidence&position=3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here