BerandaNaviHealthInfo Lengkap Seputar Penyakit Jantung, Cek Disini

Info Lengkap Seputar Penyakit Jantung, Cek Disini

Melindungi jantung dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat. Beberapa makanan seperti alpukat ternyata bermanfaat bagi kesehatan jantung karena dapat membersihkan pembuluh darah kamu.

Jantung adalah otot yang terbagi menjadi empat ruang. Dua ruang terletak di bagian atas, yaitu atrium (serambi) kanan dan kiri. Sedangkan dua ruang lagi terletak di bagian bawah, yaitu ventrikel (bilik) kanan dan kiri. Antara ruang kanan dan kiri dipisahkan oleh dinding otot (septum) yang berfungsi mencegah tercampurnya darah yang kaya oksigen dengan darah yang miskin oksigen.

Penyakit Jantung

Ilustrasi seseorang terkena penyakit Jantung (foto: Halodoc)

Penyakit jantung adalah kondisi ketika jantung mengalami gangguan. Bentuk gangguan itu sendiri bisa bermacam-macam. Ada gangguan pada pembuluh darah jantung, irama jantung, katup jantung, atau gangguan akibat bawaan lahir.

Baca Juga: https://navipos.com/benarkah-makan-teralu-cepat-bikin-gemuk/

Gejala umum Penyakit Jantung

Gejala penyakit jantung pada umumnya antara lain sebagai berikut. Detak jantung yang tak beraturan, Mudah lelah, Napas terasa berat, Sulit tidur, Berdebar karena hal yang tidak pasti.

Penyakit Jantung Bawaan

Penyakit jantung bawaan adalah kelainan pada bentuk dan fungsi jantung yang terjadi sejak lahir. Kelainan dapat terletak pada katup jantung, dinding jantung, atau di pembuluh darah. Contoh penyakit jantung bawaan adalah patent ductus arteriosus dan tetralogy of Fallot. Penyakit jantung bawaan terjadi akibat gangguan pada proses perkembangan jantung saat bayi masih di dalam kandungan. Belum diketahui kenapa gangguan tersebut terjadi, namun diduga terkait dengan sejumlah faktor berikut: Riwayat kelainan jantung pada keluarga, Penggunaan obat-obatan di masa kehamilan, Infeksi virus pada trimester pertama kehamilan, Kecanduan alkohol atau penyalahgunaan NAPZA di masa kehamilan, Diabetes.

Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner terjadi ketika jantung tidak cukup mendapatkan darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi. Kondisi ini disebabkan oleh penyempitan atau penyumbatan pada pembuluh darah jantung atau arteri koroner. Penyakit jantung koroner disebabkan oleh aterosklerosis, yaitu penyempitan pembuluh darah akibat penumpukan plak. Pada kondisi yang jarang, penyempitan atau kerusakan arteri koroner juga dapat terjadi akibat emboli arteri, arteritis (radang arteri), aneurisma, dan diseksi aorta.

Pencegahan Penyakit Jantung

Ada beberapa cara untuk pencegahan penyakit jantung yang dapat dilakukan, di antaranya: Menerapkan pola hidup sehat dengan mengurangi makanan berkoleterol tinggi serta olahraga secara rutin, Berhenti merokok, Mengurangi konsumsi minuman keras, Khusus bagi pengidap angina atau angina duduk, pencegahan penyakit jantung perlu dilakukan demi menghindari serangan jantung serta komplikasinya. Oleh karena itu, pengidap angina dianjurkan untuk meminum obat-obatan yang diberikan oleh dokter dan sesuai dengan dosis.

Kapan Harus ke dokter?

Apabila pernah melakukan pemeriksaan dan hasil pemeriksaan kesehatan sistem kardiovaskular dinyatakan baik, maka pemeriksaan setahun sekali bisa dilakukan. Tapi kalau hasil pemeriksaan terpampang adanya kelainan tertentu, pemeriksaan selanjutnya akan lebih dekat waktunya. Selain itu apabila gejala yang dirasakan sudah terasa dan tidak kunjung hilang, maka cara terbaik adalah segera bertemu dokter. Penanganan yang tepat dapat meminimalkan dampak, sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Untuk melakukan pemeriksaan, kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan kamu 

Nah mulai sekarang jaga jantungmu ya. Semoga bermanfaat! 

Best Regards, Navipos Team.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read