BerandaTeknologiDaringSiap-Siap Gejala Motion Sickness, Bagi Kamu "Si Candu Gim"

Siap-Siap Gejala Motion Sickness, Bagi Kamu “Si Candu Gim”

Ketika rasa jenuh atau bosan datang, biasanya sebagian orang terutama anak muda memilih bermain gim untuk mendatangkan kembali mood untuk beraktivitas.

Tapi tahukah kamu, ternyata bermain gim itu memiliki dampak montion sickness. Kondisi ini dapat timbul jika Kamu bermain gim secara berkala dan tak kenal waktu. Biasanya gejala motion sickness sendiri berupa mual, pusing, hingga muntah-muntah.

Secara ilmu atau arti motion sickness adalah salah satu sensasi pusing yang biasanya dirasakan saat berpergian dengan mobil, kapal, kereta, atau pesawat.

Awalnya, kondisi ini disebut sebagai simulator sickness, karena dokter mendapati pasiennya mual dan ingin muntah, ketika main game berjenis simulator mengemudi atau terbang.

Gejala ini terjadi disebabkan organ-organ sensorik tubuh mengirimkan pesan “campuran” ke otak, yang akhirnya menyebabkan pusing, mual hingga muntah.

Adapun beberapa orang yang lebih mudah mengalami motion sickness, entah itu saat bepergian atau main gim. Lalu, apa hubungan main gim dengan motion sickness?

Motion sickness yang timbul karena main game, bisa terjadi akibat terputusnya informasi yang diterima otak mengenai yang dilihat mata, dan dirasakan tubuh.

Jika Kamu merasa seperti sedang bergerak, tapi sebenarnya tidak? Nah, erasaan motion sickness sama seperti itu.

Umumnya ada teori yang menjelaskan motion sickness akibat main game adalah sebagai berikut: tubuh berpikir bahwa ia sedang diracuni dan kamu sedang berhalusinasi dari gerakan yang terlihat, tapi tak bisa dirasakan.

Jika Kamu tidak segera berhenti main game, maka rasa mual bisa semakin hebat, dan muntah pun terjadi.

Biasanya, motion sickness bisa menyebabkan perut sakit. Gejala lain seperti keringat dingin dan kepala pusing juga mungkin terjadi. Seseorang yang mengalami kondisi motion sickness bisa terlihat pucat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read