Cara Madrasah Relawan Riau Menebar Manfaat Bagi Masyarakat

Menjadi relawan atau volunteer adalah sebuah pilihan. Pilihan bagi orang-orang terpilih. Pilihan bagi orang yang mau dan memberanikan diri mengambil resiko dalam mendukung program peningkatan kualitas hidup bersama.

Madrasah relawan (MR) yaitu sebuah wadah yang diinisiasi oleh LAZNAS Dewan Dakwah yang diharapkan menjadi gerakan yang merangkul pemuda muslim untuk bersama memberikan kebermanfaatan bagi ummat. Saat ini wilayah yang sudah tergabung dalam MR terdapat 19 provinsi di Indonesia, salah satunya yaitu Provinsi Riau.

Aktivitas Madrasah Relawan di Provinsi Riau terbilang aktif dengan berbagai kegiatan yang telah disusun oleh MR pusat pada saat RAKERNAS (Rapat Kerja Nasional) yang dihadiri oleh delegasi masing-masing daerah. Hal ini tentunya dengan proker yang sudah ada, selanjutnya akan di realisasikan oleh wilayah masing-masing.

Saat ini MR Riau sudah berdiri 2 tahun, tepatnya pada tanggal 8 Februari 2018. Ketua MR Riau yaitu Digo Anugrah Rivai sampai sekarang. MR Riau terus bersinergi dengan Tim LAZNAS Dewan Dakwah Riau untuk menebar manfaat serta melakukan berbagai kegiatan lainnya.

Adapun berbagai program yang dilakukan oleh MR Riau dibagi menjadi 3 bagian. Pertama, program utama (reguler), antara lain: GRAM (Gerakan Rawat Masjid), dan MARBOT RANGER (Marboth Inspirasi Negeri). Kedua, program insidental dan sinergi, antara lain: Air Buat Sedulur, Sedekah Makan Rakyat (Semarak), SEMUT (Sedekah Mukena Untuk Ummat), Kemanusiaan dan Kebencanaan, Kapilah Pecinta Qur’an. Ketiga, program peningkatan kapasitas, antara lain: Kajian Bulanan Anak Muda (Kaula Muda), Muslim Videografer Community (MUVY), Rekrutmen MR, Masa Orientasi Volunteer MR (MOVE MR)

Madrasah relawan hadir sebagai wadah untuk para anak muda yang suka dengan berbagai kegiatan sosial dan menebar manfaat membantu orang banyak. Jadilah kaum rebahan, rebahan disini bukan tidur-tiduran tidak melakukan kegiatan, tetapi rebahan disini yaitu rebahan (relawan bawa perubahan) yang dapat memberikan perubahan (baik) di sekitar lingkungan kita, kini jumlah anggota MR Riau sejumlah 24 orang.

Ketua MR Riau Digo Anugrah Berharap bahwa MR Riau terus meningkatkan untuk tetap bersinergi menebar manfaat untuk masyarakat.

Laporan: Euis Karmila (Mahasiswi UIN Suska Riau)

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

On Key

Related Posts