Mau Aman Ketika Perjalanan di Kendaraan? Cari Tahu Posisi Kursi Teraman-Bahaya

Bagi kalian yang kerap berpergian atau melakukan traveling pastinya membutuhkan kendaraan untuk mempermudah kalian mencapai tujuan, terlepas kendaraan yang digunakan itu merupakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum yang menempuh jalur laut, darat atau udara. Namun apapun jenis kendaraan yang dipilih, keselamatan merupakan hal utama yang wajib dipikirkan. Apakah ada posisi tempat duduk atau kursi paling aman pada kendaraan ketika mengalami kecelakaan?

Transportation Safety Board Kanada, Amerika, Australia dan Jepang pernah mengemukakan sebuah panduan bagi penumpang kendaraan perihal posisi tempat duduk atau kursi paling aman pada kendaraan ketika mengalami kecelakaan. Meski panduan ini tidak sepenuhnya 100% menjamin keselamatan berkendara, setidaknya sebagai penumpang, kita dapat lebih waspada sehingga kemungkinan paling buruk dapat dihindari.

Berikut ini Navipos mencoba merangkum dan membahas tentang posisi kursi paling aman di kendaraan ketika mengalami kecelakaan agar kita bisa lebih waspada. Yuk simak informasinya!

1. Posisi Kursi Paling Aman di Kendaraan Ketika Mengalami Kecelakaan:  Mini Bus

Foto: brigtside.me

Posisi kursi paling aman: Kursi paling aman bagi penumpang kendaraan mini bus adalah kursi yang berada di belakang pengemudi, karena penumpang yang duduk di posisi ini minim terjadi benturan saat supir lakukan pengereman mendadak. Pada gambar kursi tampak berwarna hijau.

Posisi kursi paling berbahaya: Kursi yang berada di samping pengemudi dan jendela, karena apabila terjadi kecelakaan sangat berisiko terkena pecahan kaca jendela. Pada gambar, kursi tampak berwarna merah.

2. Posisi Kursi Paling Aman di Kendaraan Ketika Mengalami Kecelakaan:  Kereta

Foto: brigtside.me

Posisi kursi paling aman: Posisi tempat duduk atau kursi paling aman pada kereta berada di urutan tengah dalam gerbong, lebih baik lagi ketika memilih gerobong kereta yang berada di urutan ke-5 atau ke-6 atau gerbong yang berada di tengah pada rangkaian kereta. Dalam banyak kasus kecelakaan yang terjadi pada kereta, umumnya gerbong yang berada di urutan pertama dan terakhir kerap hancur akibat benturan, bahkan keluar dari jalur rel kereta. Pada gambar tampak kursi yang berwarna hijau.

Posisi kursi paling berbahaya:  Posisi tempat duduk atau kursi yang dianggap tidak aman atau bahkan berbahaya bagi penumpang kereta, berada di posisi selain kursi tengah pada bagian gerbong yang ada di rangkaian tengah kereta. Terlebih lagi pada gerbong bagian depan, karena pada posisi tersebut, penumpang berisiko mengalami dan merasakan benturan serta dapat terjatuh ketika kereta melakukan pengereman mendadak.

3. Posisi Kursi Paling Aman di Kendaraan Ketika Mengalami Kecelakaan:  Bus

Foto: brightside.me

Posisi kursi paling aman:  Sebagai catatan, gambar di atas adalah bus yang menggunakan posisi supir sebelah kanan, namun jika diterapkan di Indonesia, maka keadaannya jadi sebaliknya. Posisi tempat duduk atau kursi paling aman pada kendaraan bus adalah yang berada di bagian kursi sebelah kiri, atau bersebarangan dengan deretan kursi di belakangan posisi supir. Berdasarkan pengamatan Transportation Safety Board Kanada, Amerika, Australia dan Jepang, kecelakaan yang dialami bus rata-rata terjadi ketika bus menghantam objek atau kendaraan lain yang berasal dari arah yang berlawanan. Pada gambar tampak kursi berwarna hijau.

Posisi kursi paling berbahaya: Posisi tempat duduk atau kursi yang dianggap tidak aman atau bahkan berbahaya bagi penumpang bus pada dasarnya memiliki kesamaan dengan mini bus, sebaiknya penumpang menghindari untuk memilih posisi duduk atau kursi pada bagian yang dekat dengan jendela maupun pintu untuk menghindari risiko terkena pecahan kaca saat terjadi kecelakaan.

4. Posisi Kursi Paling Aman di Kendaraan Ketika Mengalami Kecelakaan:  Pesawat

Foto: brightside.me

Kendaraan atau transportasi udara jauh lebih rumit dibanding kendaraan yang ada di darat ataupun laut karena lebih sulit untuk diprediksi. Hal ini diungkapkan oleh juru biacar The Federal Aviation Adminstration, Alison Duquette seperti yang dikutip dari Huffington, ia mengatakan kejadian kecelakaan yang terjadi pada transportasi udara merupakan hal unik dan sulit diprediksi, karena bisa terjadi di udara, ketika melakukan pendaratan dan kejadian lainnya yang belum bisa diprediksi.

“Tidak ada kursi yang benar-benar aman,” ujarnya Alison Duquette.

Namun setidaknya ada beberapa hasil riset dan penelitian yang dilakukan untuk mencari tahu posisi duduk atau kursi paling aman bagi penumpang pesawat ketika mengalami kecelakaan, diantaranya riset yang dilakukan oleh media Popular Mechanics. dan Federal Aviation Administration.

Dilansir dari brilio, sebuah analisis yang dilakukan oleh media, Popular Mechanics pada 2007 mengungkapkan jika sekitar 40 persen penumpang pesawat yang memilih posisi duduk atau kursi di dekat ekor pesawat (bagian belakang pesawat) cenderung akan lebih aman ketika pesawat mengalami kecelakaan. Hasil analisa tersebut didapat dengan menganalisis setiap kecelakaan pesawat yang terjadi di Amerika Serikat sejak tahun 1971.

Sementara itu penumpang yang memilih posisi duduk atau kursi di bagian tengah atau dekat dengan bagian sayap pesawat memiliki presentase selamat dari kecelakaan sebesar 56 persen, dan penumpang yang duduk di kursi bagian depan pesawat hanya memiliki presentase selamat dari kecelakaan 49% persen, jumlah ini menjadi yang paling kecil dibanding penumpang yang duduk di bagian belakang dan tengah pesawat.

5. Posisi Kursi Paling Aman di Kendaraan Ketika Mengalami Kecelakaan:  Mobil

Foto: brightside.me

Posisi kursi paling aman: Posisi tempat duduk atau kursi paling aman pada mobil berada di  bagian tengah, hal ini dikarenakan pada posisi tersebut sangat minim terjadi benturan apabila mobil mengalami kecelakaan, sehingga penumpang yang duduk di kursi bagian tersebut sangat minim mengalami cidera. Pada gambar tampak kursi yang berwarna hijau.

Posisi kursi paling berbahaya: Posisi tempat duduk atau kursi yang paling berbahaya apabila kendaraan mengalami kecelakaan berada di samping pengemudi atau supir, hal ini dikarenakan pengemudi mobil secara umum akan memiliki refleks untuk menghindar saat terjadi kecelakaan yang membuatnya mengarahkan sumber benturan jauh dari posisi duduknya, yaitu berada di posisi kursi penumpang di sebelahnya, hal ini membuat penumpang yang duduk di sebelahnya lebih berisiko mengalami benturan. Pada gambar tampak kursi yang berwana merah.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

On Key

Related Posts

Menkes Budi Gunadi akan Datangkan 200 Vial Obat Fomepizole

Kemenkes Siapkan 200 Vial Obat Fomepizole

Pemerintah berencana akan mendatangkan 200 vial obat Fomepizole atau penawar racun yang nantinya akan diberikan kepada pasien gangguan ginjal akut misterius. Hal itu disampaikan langsung