BerandaInformasiMemiliki Warna Dominan Sama, Ternyata Ini Dia Fungsi Warna Putih Pada Pesawat

Memiliki Warna Dominan Sama, Ternyata Ini Dia Fungsi Warna Putih Pada Pesawat

Pernah ngga sih terlintas dalam pikiran sobat Navipos, Kenapa kebanyakan pesawat itu memiliki warna dominan putih? Padahal jika dipikir-pikir moda transpotasi ini akan lebih menarik jika memiliki warna yang beragam.

Memang, tak dipungkiri beberapa maskapai memiliki ciri khas tertentu, misalnya saja dari garis-garis, dekorasi, dan nama-nama dalam berbagai warna. Tetapi, tetap warna dasar di balik itu semua hampir selalu putih. Ternyata pemilihan warna tersebut bukan tanpa alasan lho!

Nah, berikut beberapa alasannya, seperti yang sudah Navipos rangkum berikut ini. Simak yuk!

Warna putih berkaitan pada termal atau suhu

Menurut informasi yang terdapat dalam kanal tempo.co, rupanya Warna putih berfungsi memantulkan sinar matahari dan mencegah pesawat dari panas berlebihan. Sehingga meminimalkan pemanasan dan kerusakan potensial dari radiasi matahari terhadap pesawat.

Mudah mendeteksi retak pada badan pesawat

Tak dipungkiri, retakan pada suatu benda yakanang berwarna putih lebih mudah terdeteksi, begitu pun dengan pesawat.

Warna putih yang menempel pada peswat ini, akan membuat para teknisi lebih mudah untuk melihat apakah ada keretakan, kepenyokan, atau kerusakan lainnya pada permukaan pesawat, karena warnanya akan terlihat kontras dengan warna pada badan pesawat tersebut.

Menghindari potensi tabrakan dengan burung

Tabrakan antara burung dan pesawat yang sedang terbang biasanya dikenal dengan istilah bird strike. Biasanya kejadian tersebut terjadi saat pesawat akan lepas landas (take off) atau mendarat (landing).

Bird strike dapat berakibat pada kerusakan struktur badan pesawat maupun pada mesin pesawat, khususnya pada bagian mesin jet pesawat. Bila burung terkena mesin pesawat, mesin akan kehilangan daya dorong dan burung akan terbawa ke intake udara mesin. Hal tersebut akan berakibat fatal dan memungkinkan terjadinya kecelakaan fatal.

Oleh sebab itu, berdasarkan hasil penelitian yang dimuat di Telegraph, kenapa pesawat memiliki warna dominan putih, karena warna tersebut lebih mudah dideteksi oleh burung.

Warna putih lebih awet

Warna putih yang melekat pada pesawat akan lebih awet alias tahan lama lantaran warna tersebut tidak akan terjadi reaksi oksidasi.

Hal ini berbeda jika pesawat tersebut menggunakan warna yang beragam, sebab warna yang beragam tersebut akan memudar dan memutih dengan sendirinya karena sering terpapar sinar matahari dan cuaca yang silih berganti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read