BerandaUnik3 Fakta Menarik Burung Merpati Yang Wajib Kamu Ketahui

3 Fakta Menarik Burung Merpati Yang Wajib Kamu Ketahui

Saipa yang pernah melihat Burung merpati? Burung yang dikenal setia kepada pasangannya, bahkan saking melekatnya, hewan ini sering kali jadi salah satu bagian dari rangkaian pernikahan. Burung Merpati banyak ditemui di Indonesia dan beberapa jenis yang langkanya merupakan hewan endemik asli Nusantara.

Nah, menjadi salah satu burung yang paling akrab dan populer, berikut 4 fakta burung merpati yang perlu kamu ketahui

1. Merpati Dapat Menemukan Sarangnya dengan Akurat

Merpati sejak dahulu sudah digunakan sebagai pengantar pesan dan pergi berpuluh-puluh kilometer meninggalkan sarangnya. Namun, meskipun begitu mereka dapat kembali ke sarangnya tanpa menemukan masalah.

Para peneliti hingga kini masih belum bisa menemukan apa hal ajaib yang ada di balik kemampuannya tersebut, namun beberapa menyimpulkan bahwa merpati bisa melakukan hal serupa sebab telah dilatih untuk balapan dan kembali ke sarangnya meski pergi sejauh apapun.

2. Burung Merpati Dapat Menghasilkan Susu Palsu

Tak hanya mamalia loh yang bisa menghasilkan susu dan memberi anaknya nutrisi ini pada awal kelahiran. Sebab, secara tidak diduga burung merpati ternyata juga dapat menghasilkan susu palsu untuk anak-anaknya.

Susu ini sering disebut sebagai susu tanaman karena memang dihasilkan dari apa yang mereka konsumsi, lalu disimpan di kantung yang berada di bawah tenggorokannya hingga keluar dari mulutnya dengan warna putih mirip cairan susu. Susu palsu milik merpati ini juga terdiri dari lemak, protein, dan nutrisi penting lainnya.

3. Merpati Merupakan Hewan yang Kuat

Jadi, ngga heran bila merpati kerap dijadikan hewan balap atau pengirim pesan bahkan hingga zaman sekarang, pasalnya burung berukuran sedang ini bisa terbang dengan kecepatan 110 km/jam! Kecepatan luar biasa itu didukung oleh otot dadanya yang kuat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read