BerandaInformasiBisnisPemakzulan Donald Trump, Apa Pengaruhnya untuk Indonesia?

Pemakzulan Donald Trump, Apa Pengaruhnya untuk Indonesia?

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump resmi dimakzulkan oleh DPR AS melalui dua pasal, Rabu (18/12/2019) malam waktu setempat. Pria berambit pirang ini dituduh menyalahgunakan kekuasaan dan menghalangi penyelidikan kongres. Selanjutnya, kedua pasal tersebut akan dibawa ke level Senat dengan masa sidang yang dijadwalkan pada 2020.

Lalu apakah pemakzulan ini akan berpengaruh bagi dunia, khusus Indonesia?

Melansir dari kompas.com, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemakzulan ini tentunya harus diwaspadai.

Sri Mulyani sebelumnya mengatakan, pemakzulan Trump ini ikut menambah ketengangan terhadap ekonomi dunia yang sebelumnya telah diliputi ketidakpastian karena Brexit yang belum berakhir, eskalasi ketegangan hubungan antara Korea Selatan dengan Jepang, Amerika Serikat, dan China, hingga ekonomi negara berkembang yang masuk ke jurang resesi.

Dari semua problematika ini, Sri Mulyani mengungkapkan, pelaku ekonomi akan lebih cenderung menahan aksi dalam melakukan kegiatan ekonomi, seperti investasi. Hal ini tentunya akan berdampak ke perekonomi hampir setiap negara yang mengalami perlemahan.

Namun, Sri Mulyani masih tetap optimistis dengan realisasi kinerja ekonomi dalam negeri pada akhir tahun.

Menurut wanita berkacamata ini, pada Desember ada faktor musiman, yaitu libur akhir tahun Natal dan tahun baru yang bakal mendorong ekonomi domestik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read