Rokok Biasa Dan Vape Sama Bahaya, Orang Tua Patut Waspada

Banyak yang menyebutnya vaping atau juuling. Sebuah rokok elektrik yang kini pemakaiannya meningkat dengan pesat, terutama di kalangan remaja.

Awalnya roko elektrik ini dipasarkan sebagai alternatif yang lebih baik ketimbang rokok tradisional. Namun, dengan cepat rokok elektronik tersebut justru menjadi alat untuk mengenalkan nikotin pada semua generasi.

Vaping menjadi lahan bisnis yang sangat menjanjikan. Menurut CNBC, JUUL yang merupakan salah satu pemimpin pasar, mengalami pertumbuhan lebih dari 800% pada tahun 2018.

Bahkan JUUL telah semakin popular di kalangan remaja, ukuran dan tampilan JUUL yang seperti USB membuatnya bisa digunakan secara diam-diam.

Meski dipasarkan untuk remaja dan dewasa, mereka juga menghadirkan berbagai rasa yang disukai anak-anak, seperti rasa buah-buahan dan cr?me brule.

Walau memiliki berbagai rasa yang disukai anak-anak, perlu dicatat, bahwa vaping bukanlah untuk anak-anak.

Dr Laura Neustater, seorang dokter anak yang berbasis di Fort Lauderdale mengatakan, orang dewasa yang beralih dari rokok ke tembakau yang tidak mudah terbakar, seringkali dipuji karena tindakannya yang dianggap banyak orang lebih sehat.

Sayangnya hal tersebut membuat pemakai JUUL merasa aman. Padahal tidak. Pengguna tetap masih terpapar nikotin, yang mana dapat menyebabkan ketergantungan dan konsekuensi kesehatan jangka panjang.

Pusat Penelitian Kesehatan Nasional menyebutkan kandungan nikotin JUUL hampir dua kali lebih tinggi dari rokok elektrik lainnya. Ini berarti kandungan nikotin dalam satu buah JUUL setara dengan satu bungkus rokok.

Tak hanya nikotin yang berbahaya. Pilihan rasa yang menarik yang ditambahkan ke dalam rokok elektrik untuk menarik perhatian remaja, membawa lapisan karsinogen tambahan.

Pemakaian JUUL dan produk serupa sangat berbahaya bagi remaja, karena bisa menyebabkan masalah pernapasan kronis.

Maka dari itu orangtua disarankan untuk berbicara dengan anak-anak mereka tentang efek jangka panjang vaping, termasuk penjelasan bahwa penggunaan nikotin dalam bentuk apapun akan berisiko menyebabkan batuk kronis.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

On Key

Related Posts

Menkes Budi Gunadi akan Datangkan 200 Vial Obat Fomepizole

Kemenkes Siapkan 200 Vial Obat Fomepizole

Pemerintah berencana akan mendatangkan 200 vial obat Fomepizole atau penawar racun yang nantinya akan diberikan kepada pasien gangguan ginjal akut misterius. Hal itu disampaikan langsung