Sering Pakai AC? Waspada Ada Bahaya Mengintai

Adanya Air Conditioner (AC) di dalam ruangan memang menyejukkan. Apalagi, saat udara di luar sedang panas. Bahkan, kini hampir setiap ruangan dipasang AC, mulai di kantor hingga rumah untuk membuat udara menjadi lebih dingin. Namun, terbiasa menghabiskan lebih banyak waktu di ruangan ber-AC ternyata bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan.  Apa aja sih masalah kesehatan Yang diakibatkan oleh ac? 

Timbulkan Masalah Pernapasan

AC bisa berdampak pada masalah pernapasan. Penting untuk disadari bahwa perubahan suhu yang drastis dapat merusak sistem pernapasan Anda. Oleh karena itu, perpindahan dari suhu yang hangat ke suhu yang dingin dapat menyebabkan beberapa masalah nyata, diantaranya dapat membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi saluran pernapasan seperti faringitis atau infeksi tenggorokan.

Bahkan, ada bukti yang menunjukkan bahwa orang yang menghabiskan lebih banyak waktu di lingkungan ber-AC memiliki risiko lebih besar terkena gejala tenggorokan dan hidung. Oleh karena itu, mereka memiliki peluang lebih besar untuk terkena radang hidung seperti rinitis.

Memicu Obesitas

Sejumlah penelitian menguatkan tudingan bahwa suhu udara yang nyaman menjadi salah satu dari 10 penyebab utama kenaikan berat badan. Suhu udara yang nyaman seringkali membuat kita malas bergerak.

Minimnya aktivitas tubuh membuat tdak adanya pelepasan energi pembakaran lemak. Dalam jangka panjang, timbunan lemak akan terakumulasi dan memicu obesitas. Sebab itu, mereka yang terbiasa hidup di ruangan ber-AC disarankan berolah raga secara rutin.

Leher Kaku dan Pegal

Leher tengeng biasanya disebabkan karena posisi tidur yang salah. Gejalanya adalah leher akan terasa sakit jika dipakai untuk menengok ke kiri atau kanan. Namun, kasus ini tidak semata-mata disebabkan karena posisi tidur yang salah saja, tapi juga karena AC di kamar Anda.

Bahaya AC yang paling sering dirasakan oleh sebagian orang adalah leher menjadi kaku, pegal, dan sakit bila digerakkan. Hal ini disebabkan karena udara dingin dari AC menyebabkan urat saraf dan pembuluh darah di sekitar leher menjadi kaku dan pegal saat bangun tidur selain itu Satu efek yang paling umum dari AC adalah penyebaran infeksi virus karena sistem kekebalan yang lemah.

Dalam lingkungan ber-AC, udara terus-menerus diresirkulasi, menghentikan udara segar masuk. Akibatnya, udara lama mengalir dan memancarkan kuman pilek dan flu, serta bakteri lain dari orang ke orang. Oleh karena itu, ada risiko lenih besar tertular infeksi virus di lingkungan ber-AC daripada di ruangan tanpa AC.

Jadi mulai sekarang jangan sering – sering pake ac ya.  Sesekali aja.  Semoga bermanfaat !

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

On Key

Related Posts

Menkes Budi Gunadi akan Datangkan 200 Vial Obat Fomepizole

Kemenkes Siapkan 200 Vial Obat Fomepizole

Pemerintah berencana akan mendatangkan 200 vial obat Fomepizole atau penawar racun yang nantinya akan diberikan kepada pasien gangguan ginjal akut misterius. Hal itu disampaikan langsung