BerandaInformasiFinansialJangan Impulsif, Apa Lagi dengan Uang THR-mu

Jangan Impulsif, Apa Lagi dengan Uang THR-mu

Momentum Lebaran menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu. Kenapa demikian? Sebab, perayaan ini biasanya memiliki berbagai tradisi yang unik, mulai dari mempersiapkan pakaian baru, makan dan kumpul bersama keluarga, membayar zakat, mudik, hingga menerima tunjangan hari raya (THR).

Meski pada dasarnya besaran THR sangat beragam, tetapi kamu jangan sampai impulsif loh.

Apalagi dengan membeli semua barang yang ada di kantong belanja online (e-commerce). Ada banyak hal penting yang perlu kamu prioritaskan untuk kebutuhan sehari-hari.

Lalu, bagaimana sebenarnya pengaturan THR yang tepat agar kamu tidak terdorong menjadi impulsif dan konsumtif?

Buatlah Daftar Barang

Membuat daftar barang sebelum berbelanja merupakan hal penting. Pasalnya dengan melakukan hal ini, kamu bisa memiliki patokan barang yang ingin kamu beli.

Jadi kamu gak akan mudah gelap mata ketika melihat barang menarik, namun sebenarnya kamu tidak membutuhkan barang tersebut.

Sortir Sebelum Membeli

Jika kamu sudah membuat daftar barang yang ingin dibeli, bukan berarti kamu bisa langsung berbelanja loh.

Ada baiknya kamu sortir terlebih dahulu barang sesuai tingkatan kebutuhanmu, yang jelas utamakan barang-barang yang penting aja ya guys.

Jangan Lupa Tentukan Anggaran

Selain dua cara di atas, langkah yang bisa kamu lakukan untuk membatasi dari dari perilaku impulsif adalah dengan menetapkan anggaran belanja. Gunakan Pembayaran Virtual dan Top Up sesuai Kebutuhan

Nah biasanya beberapa market place sudah menyediakan dompet virtual. Sehingga kamu bisa melakulan top up dan pembayaran sesuai kebutuhanmu.

Top up jangan berlebihan, pastikan sesuai dengan anggaran yang sudah ditetapkan. Sebab yang berlebihan itu gak baik guys

Menahan Nafsu

Tahan nafsumu, karena menahan nafsu adalah kunci sukses agar kamu tidak impulsif dan konsumtif

Kamu harus bisa menahan rayuan sales ataupun godaan promo-promo barang yang tidak kamu butuhkan.

Ya, memang agak sulit menahan godaan ini, terutama kalau yang rayu cantik atau tampan hehehe. Eitss pada intinya kamu harus tetap berpikir dua kali ya, jangan mudah tergoda dengan diskon besar-besaran. Cobalah kamu pikirkan lagi kegunaan barang tersebut. Jangan sampai setelah membeli, malah nambah tumpukan barang-barang tidak terpakai di rumahmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read