Asal Mula Kantong Pelastik Dulu Selamatkan Bumi Sekarang Jadi Penyumbang Sampah.

Gubernur DKI Jakarta yaitu Anis Baswedan mengeluarkan peraturan tentang pelarangan menggunakan kantong plastik. Mulai juli 2020, warga Jakarta dilarang menggunakan kantong plastik untuk mengemasi belanjaan. Jakarta bukanlah satu-satunya mengeluarkan peraturan pelarangan penggunaan kantong plastik, sejumlah daerah seperti Bali lebih dulu melarang penggunaan kantong plastik tujuannya adalah demi keselamatan bumi.

Tahukah kamu? Walaupun plastik sering dibilang merusak bumi, ternyata dulu plastik diciptakan untuk menyelamatkan bumi.

Kantong plastik diciptakan oleh Sten Gustaf Thulin di tahun 1959. Tujuan Sten Thulin menciptakan kantong plastik untuk menggantikan kantong kertas dengan kantong plastik yang bisa digunakan berkali-kali.

Pada masa itu masyarakat masih menggunakan kantong kertas. Pemakaian kantong kertas yang masif menyebabkan pohon-pohon ditebang dan hutan mulai menggundul. Dan Sten Thulin bereksperimen membuat kantong yang lebih kuat dari kertas dan bisa dipakai berulang kali. Dan kantong plastik pun akhirnya dipatenkan disebuah perusahaan yang bernama Celloplast.

Tahun 1960, kantong plastik mulai dipasarkan untuk menggantikan kantong kertas dan kain. Dan kantong plastik mulai popular hingga sekarang.

Asal mula diciptakan sebagai penyelamat bumi sekarang kantong plastik justru menjadi penyumbang sampah, karena kebiasaan orang-orang membuang plastik dan hanya menggunakan sekali pakai padahal kantong plastik yang tadinya diciptakan adalah untuk bisa dipakai berulang-ulang.  

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

On Key

Related Posts

Menkes Budi Gunadi akan Datangkan 200 Vial Obat Fomepizole

Kemenkes Siapkan 200 Vial Obat Fomepizole

Pemerintah berencana akan mendatangkan 200 vial obat Fomepizole atau penawar racun yang nantinya akan diberikan kepada pasien gangguan ginjal akut misterius. Hal itu disampaikan langsung