BerandaTravelBPTJ Resmi Luncurkan Rute Bus Blok M-Taman Safari Bogor

BPTJ Resmi Luncurkan Rute Bus Blok M-Taman Safari Bogor

Kegemaran warga DKI Jakarta mengendarai kendaraan pribadinya untuk berwisata menuju kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat membuat ruas jalan menuju kawasan tersebut tersendat karena tingginya volume kendaraan pribadi.

Sebab itu, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) bekerja sama dengan PT Blue Bird meluncurkan bus rute Pasaraya Blok M, Jakarta menuju Taman Safari Indonesia, Bogor.

“Terobosan inj merupakan sebuah program layanan transportasi publik Big Bird Jalan-Jalan. Bus ini akan melayani rute Pasar Raya Blok M hingga Taman Safari, Bogor,” kata Kepala BPTJ, Bambang Prihartono.

Peluncuran rute ini juga sejalan dengan program pemerintah dalam membuka akses menuju destinasi wisata di kawasan Puncak.

Selain itu Bambang mengakui jika tantangan terberat yang harus dilakukan ialah untuk mengajak masyarakat berpindah dari kendaran pribadi ke angkutan massal. Pasalnya, hal iti bukan hanya sebatas mengubah lifestyle atau gaya hidup namun juga mindset dalam bertransportasi.

menawarkan layanan angkutan umum massal yang mampu bersaing dengan kenyamanan kendaraan pribadi. Dengan layanan ini, masyarakat tidak harus repot turun naik kendaraan atau pun membeli tiket masuk ke lokasi wisata.

Melihat hal tersebut, BPTJ mengambil langkah dengan menawarkan layanan angkutan umum massal yang mampu bersaing dengan kenyamanan kendaraan pribadi. Dengan layanan ini, masyarakat diharapkan tidak harus repot turun naik kendaraan atau pun membeli tiket masuk ke lokasi wisata.

“Contohnya ketika berwisata ke Taman Safari Bogor, masyarakat dapat memanfaatkan paket perjalanan bus dengan tarif sebesar Rp 400 ribu per orang. Tarif itu sudah termasuk tiket perjalanan pulang pergi, tiket masuk Taman Safari, dan makanan ringan,” ungkap dia.

Direktur Blue Bird Sigit Djoko Soetomo mengatakan, transportasi massal rute wisata ini bukan kali pertama. Sebelumnya sudah dioperasikan bus tujuan wisata ke Bandung dan Yogyakarta.

Selain itu Sigit juga mengatakan, warga DKI dapat menikmati program Big Bird Jalan-Jalan setiap Sabtu dan Minggu. Pihaknya telah menyediakan 10 sampai dengan 20 bus untuk melayani warga menuju kawasan wisata Taman Safari setiap minggu

Selain kawasan Puncak, nanti BPTJ juga akan mengembangkan layanan transportasi publik menuju Kepulauan Seribu.

“Setelah (kawasan) Puncak, nanti kami akan berpikir (penyediaan layanan bus jalan-jalan) ke Pulau Seribu. Pemerintah bersama dengan pelaku dunia usaha akan bekerja sama untuk memberi pelayanan kepada masyarakat supaya masyarakat bisa menggunakan fasilitas angkutan umum,” ujar Bambang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read