Fakta Cerita Seram di Balik Lagu ‘Dominique’ yang Viral di TikTok dan Arti Liriknya

Bagi kalian pengguna aplikasi TikTok, tentunya sudah tidak asing lagi dengan lagu “Dominique” yang dinyanyikan oleh The Singing Nun. Lagu “Dominique” lebih populer di telinga para TikTokers dalam balutan irama koplo lengkap dengan suara gendangnya. Tentunya lagu ini tidak hanya seliweran di beranda TikTok, tetapi juga di beranda Instagram.

Beberapa hari yang lalu saya melihat sebuah video yang mengungkapkan fakta di balik lagu “Dominique”. Di dalam video yang bertajuk “Fakta menarik tentang lagu TikTok”, dikatakan bahwa lagu tersebut diciptakan oleh seorang biarawati. Dikatakan pula bahwa biarawati tersebut jatuh cinta dengan seorang wanita. Akan tetapi, kedua pasangan tersebut tidak direstui oleh orang-orang gereja dan akhirnya biarawati tersebut menciptakan lagu berjudul “Dominique”. Katanya sih lagu ini sebenarnya merupakan lagu mengenai Tuhan. 

Kedua biarawati tersebut diceritakan akan dihukum dengan dibakar, tetapi sebelum mereka dibakar, mereka memutuskan untuk bunuh diri bersama. Oleh sebab itu, lagu tersebut juga dijadikan salah satu soundtrack dari serial American Horror Story. Kira-kira seperti itulah penjelasan yang diberikan oleh salah satu pengguna TikTok yang telah disebarluaskan di beberapa platform media sosial.

Sekarang, mari kita mengulik kebenaran dari pernyataan di atas. Pertama, memang benar penulis dari lagu “Dominique” adalah seorang biarawati. Biarawati dalam agama Katolik sering juga disebut sebagai Suster. Biarawati adalah seorang perempuan yang memilih jalan panggilan mulia untuk memberikan seluruh hidupnya bagi Tuhan dan pelayanan bagi sesama manusia.

Pencipta lagu tersebut adalah Jeannine Deckers yang juga dikenal dengan Soeur Sourire atau “Sister Smile”. The Singing Nun sendiri merupakan judul dari sebuah film yang diangkat dari kisah nyata Jeannine Deckers. Lagu “Dominique” yang diciptakan olehnya merupakan salah satu lagu yang sangat populer saat itu.

Dilansir dari The Guardian, “Dominique” memuncaki tangga lagu di Amerika Serikat dan sempat mengalahkan salah satu band legendaris dunia, yaitu The Beatles pada tahun 1963. Ia menjadi satu-satunya orang Belgia yang pernah memuncaki tangga lagu di Amerika Serikat. Akan tetapi, tiga tahun setelah kesuksesannya ia memutuskan untuk keluar dari biara dan tidak melanjutkan jalan panggilannya menjadi seorang biarawati.

Mungkin yang jadi pertanyaan banyak orang adalah cerita mengenai kehidupan asmara Jeannine Deckers. Dikutip dari The Guardian, setelah meninggalkan biara, Deckers mengejar karir musiknya. Kehidupannya tidak berjalan begitu baik. Pada 1985, ia ditemukan meninggal bersama pasangan wanitanya setelah menghabiskan masa hidupnya dengan mengonsumsi alkohol dan obat penenang akibat tekanan yang selama ini dirasakannya.

Hal lainnya yang keliru adalah pernyataan bahwa orang-orang gereja tidak setuju dengan hubungan asmara Deckers dan teman wanitanya sehingga berencana akan menghukum keduanya dengan dibakar. Faktanya, seperti yang telah disebutkan di atas bahwa Deckers keluar dari biara dengan keinginannya sendiri lantaran merasa sudah tidak dapat  menyeimbangkan kehidupannya sebagai biarawati dan poularitasnya sebagai penyanyi.

Mungkin isu tidak benar ini berkembang karena orang-orang akan menyukai cerita kehidupan yang penuh drama. Sehingga kisah Deckers pun didramatisir. Padahal, Deckers tidak meninggal karena dibakar, bahkan lagu “Dominique” sudah terlebih dahulu hadir sebelum ia memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

Selanjutnya, apa benar lagu “Dominique” adalah lagu mengenai Tuhan? Sebenarnya lirik lagu ini terinspirasi dari Saint Dominic atau dalam bahasa Indonesia disebut Santo Dominikus, yang merupakan pendiri ordo di mana ia menjadi seorang biarawati. Lagu tersebut menceritakan seorang hamba Tuhan yang suci, yaitu Santo Dominikus.

Dominikus dalam hidupnya dikenal senantiasa berbicara mengenai Tuhan, hidup dalam kemiskinan, dan mengembalikan para pendosa ke jalan yang benar. Di akhir lagu dituliskan permohonan rahmat untuk dapat menyebarkan kebenaran dan cinta kasih Tuhan di bumi.

Namun, sejak lagu “Dominique” jadi soundtrack serial horor, orang-orang akhirnya menganggap lagu tersebut berkonotasi menyeramkan. Tapi, di balik kisah dan isu-isu ngawur yang beredar, lagu ini tetap asyik dinikmati kok. Sekarang lagu “Dominique” sudah tidak menyeramkan lagi semenjak versi koplonya hadir dan jadi andalan anak-anak TikTok.

Berikut ini lirik lagu ‘Dominique’ dalam bahasa Prancis serta terjemahan bahasa Indonesianya (Versi yang terkenal di TikTok merupakan versi bahasa Prancis.)

Dominique- the singing Nun

Dominique, nique, nique s’en allait tout simplement

Dominique, sial, sial, pergi begitu saja

Routier pauvre et chantant

Miskin dan jalan nyanyian

En tous chemins, en tous lieux, il ne parle que du bon Dieu

Di semua jalan, di semua tempat, dia hanya berbicara tentang Tuhan yang baik

Il ne parle que du bon Dieu

Dia hanya berbicara tentang Tuhan yang baik

A l’e poque ou Jean-sans-Terre de’ Angleterre etait Roi

Pada saat Jean-sans-Terre dari Inggris menjadi Raja

Dominique, notre Pere, combattit les Albigeois

Dominique, Bapa kami, melawan Albigenses

Ni chameau, ni diligence il parcout l’Europe a pied

Baik unta maupun ketekunan, ia melintasi Eropa dengan berjalan kaki

Scandinavie ou Provence dans la sainte pauvrete

Skandinavia atau Provence dalam kemiskinan suci

Enflamma de toute ecole filles et garcons pleins d’ardeur

Menyulut semua anak perempuan dan laki-laki sekolah yang penuh semangat

Et pour semer la Parole inventa les Freres-Precheurs

Dan untuk menabur Sabda diciptakan Brothers-Precheurs

Chez Dominique et ses freres le pain s’en vint a manquer

Di Dominique dan saudara-saudaranya, roti habis

Et deux anges se presenterent portant de grands pains dores

Dan dua malaikat muncul membawa roti emas besar

Dominique vit en reve les precheurs du monde entier

Dominic hidup dalam mimpi, para pengkhotbah seluruh dunia

Sous le manteau de la Vierge en grand nombre rassembles

Di bawah mantel Perawan berkumpul dalam jumlah besar

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

On Key

Related Posts

Menkes Budi Gunadi akan Datangkan 200 Vial Obat Fomepizole

Kemenkes Siapkan 200 Vial Obat Fomepizole

Pemerintah berencana akan mendatangkan 200 vial obat Fomepizole atau penawar racun yang nantinya akan diberikan kepada pasien gangguan ginjal akut misterius. Hal itu disampaikan langsung